Pentingnya Bukti Transaksi dalam Pencatatan Keuangan

Transaksi finansial menurut keterangan merupakan kegiatan ekonomi dalam sub-sistem perusahaan atau kejadian yang terjadi pada unit perusahaan yang dimiliki. Di mana, objek pengukurannya bisa dinilai dengan nilai mata uang, serta bisa memengaruhi laporan finansial yang diciptakan dalam sistem akuntansit.maka dari itu kita membutukan sebuah aplikasi nota penjualan.

Transaksi finansial mempunyai nilai atau ditetapkan dalam satuan dana yang sangat dominan terhadap kondisi finansial perusahaan atau unit organisasi. Dengan adanya transaksi, saya dan anda bisa melihat bagaimana perusahaan memakai sumber daya ekonomi dan bagaimana teknik memperoleh duit yang dapat dipakai untuk membiayai pekerjaan tersebut. Karena pentingnya suatu transaksi finansial dalam perusahaan, maka perusahaan perlu menyelenggarakan pencatatan.

Tujuan Pencatatan Transaksi Keuangan

  1. Memberikan informasi yang sehubungan dengan sumber-sumber ekonomi, modal perusahaan, serta kewajiban.
  2. Memberikan informasi detail tentang perubahan pada sumber ekonomi dampak adanya kegiatan usaha yang dilaksanakan untuk mendapat keuntungan.
  3. Mengungkapkan informasi yang sehubungan dengan laporan finansial perusahaan yang relevan untuk pemakai laporan.
  4. Memberikan informasi finansial yang dapat menolong perusahaan guna memperkirakan potensi perusahaan guna mendapatkan deviden kedepannya

Untuk melengkapi sebuah pendaftaran transaksi keuangan, maka bukti-bukti transaksi mesti disimpan supaya dapat dipakai jika terjadi selisih atau kekeliruan dalam pencatatan.

Macam-Macam Bukti Transaksi Keuangan

Dilihat dari sumbernya, bukti transaksi dipisahkan menjadi 2 (dua) yaitu.

  1. Bukti Internal

Bukti transaksi finansial yang diciptakan oleh pihak di dalam perusahaan dan guna internal perusahaan. Berikut ialah macam-macam bukti internal.

Bukti kas masuk: bukti bahwa perusahaan sudah menerima duit secara tunai.

Bukti kas keluar: bukti bahwa perusahaan telah menerbitkan uang tunai, contohnya untuk menunaikan gaji, utang, dan lain-lain.

Memo: bukti pendaftaran antar unsur atau manajer dengan bagi-bagi yang terdapat di lingkungan perusahaan.

 

  1. Bukti Eksternal

Bukti transaksi yang bersangkutan dengan pihak di luar perusahaan. Berikut ini ialah macam-macam bukti eksternal.

Faktur (invoice): bukti transaksi pembelian atau penjualan secara kredit

Kuitansi: bukti transaksi penerimaan duit atas pembayaran sebuah hal yang dilaksanakan secara tunai atau kontan.

Nota: bukti transaksi yang diserahkan oleh penjual untuk pembeli sebagai bukti pembelian tunai.

Nota debit: bukti transaksi yang diciptakan oleh perusahaan guna dikirim untuk pihak di luar perusahaan sebab ada sebuah barang atau jasa yang tidak cocok dengan pesanan/pembelian atau rusak.

Nota kredit: bukti pengumuman atau penghitungan yang dikirim sebuah perusahaan untuk kepada pelanggannya bahwa akunnya sudah dikredit sebanyak tertentu.

Cek: surat perintah yang diciptakan oleh pihak yang memiliki rekening di bank supaya bank tersebut menunaikan sejumlah uang untuk pihak yang dinamakan oleh empunya rekening bank.

Bilyet giro: surat perintah dari nasabah bank untuk bank yang bersangkutan guna memindah bukukan sebanyak uang dari rekeningnya ke tabungan penerima yang namanya dinamakan dalam bilyet giro pada bank yang sama atau bank yang lain.

Rekening koran: bukti mutasi kas di bank yang dibentuk oleh bank untuk semua nasabahnya dan dipakai sebagai dasar penyesuaian pendaftaran antara sisa kas menurut keterangan dari perusahaan dan sisa kas menurut keterangan dari bank.

Dengan adanya kepentingan untuk mengerjakan pencatatan terhadap transaksi keuangan, maka perusahaan sudah dihadapkan pada perlunya seorang tenaga akuntan atau aplikasi akuntansi yang dapat menolong untuk mengerjakan pencatatan kapan juga dan di mana juga transaksi terjadi.

Moodah sebagai aplikasi akuntansi online pun telah dilengkapi dengan software tambahan yang dapat menolong Anda menyimpan bukti transaksi dengan aman dan nyaman. Moodah Snap ialah aplikasi berbasis Android yang bermanfaat untuk menyimpan seluruh bukti transaksi perusahaan Anda.

Melalui Moodah Snap, kita tidak butuh lagi cemas akan kehilangan bukti transaksi. Hanya dengan meng-upload bukti transaksi dengan Moodah Snap, kita dapat menolong akuntan dalam mengerjakan proses audit dan validasi finansial perusahaan lebih mudah. Bagi informasi lebih lanjut mengenai Moodah Snap, dapat Anda dapatkan di sini. Segera daftarkan perusahaan kita dengan Moodah dan nikmati free trial sampai 14 hari.